Skip to main content

Pahami Tips dan Trik Agar Password Sulit Ditebak oleh Hacker

Ilustrasi. Foto: DW (News)

blockchain indonesia - Keamanan siber sudah menarik perhatian dunia dalam sebagian waktu terakhir. Bukan cuma para perusahaan saja yang wajib menyiapkan metode penangkal hacker, pengguna dunia online malahan wajib dapat melindungi akun mereka dari aksi peretasan.

Minggu lalu, Twitter minta semua user untuk mengontrol ulang kata sandi akun mereka sebagai aksi pencegahan sebab terdapat bug di dalam metode penyimpanan kata sandi. Kalau ini seakan mengingatkan pengguna dunia online kepada pentingnya kata sandi yang diaplikasikan dalam beraneka platform.

Charles Henderson, Global Managing Partner IBM X-Force Red, mengatakan bahwa pengaplikasian kata sandi sebagai pelindung sebuah akun sejatinya yakni inspirasi yang buruk. Sedangkan demikian itu, riilnya metode kata sandi hal yang demikian masih diaplikasikan sampai kini.

"Hingga ketika ini, tak ada solusi (keamanan) yang total, dan kata sandi gampang untuk dipakai," ujarnya, sebagaimana dikutip dari CNCB, Rabu (16/5/2018).

Walau dia menyebutnya sebagai inspirasi yang buruk, bukan berarti tak ada sistem untuk mengembangkan fungsi dari kata sandi sebagai metode keamanan sebuah akun. Salah satu aspek yang wajib dilihat yakni jumlah karakter yang diaplikasikan.

"Kian panjang sebuah kata sandi, karenanya makin susah untuk diretas. Sedangkan tak ada kata sandi yang benar-benar tak dapat diretas, pengaplikasian karakter yang banyak akan meminimalisir potensi terjadinya keamanan siber. Kalau hal yang demikian dikarenakan para hacker memerlukan waktu yang lebih lama untuk meretas kata sandi dengan karakter yang banyak," tuturnya membeberkan.

Lalu, Henderson melanjutkan, pengaplikasian kata sandi manager juga dapat dipakai sekiranya panjang kata sandi menjadi situasi sulit bagi user. Software yang membikin kata sandi secara acak untuk beraneka web dan platform, kemudian menaruhnya, memungkinkan penggunanya cukup mengingat satu kata sandi untuk masuk ke perangkat lunak hal yang demikian.

"Menurut bicara mengenai kata sandi, penambahan lapisan keamanan dapat dibilang sebagai alternatif terbaik. Banyak web dan platform, terlebih dari perbankan, memberikan kode khusus melalui smartphone untuk masuk atau melalui pemindai sidik jari dan wajah," katanya.

Meskipun Henderson, penambahan lapisan keamanan hal yang demikian akan menyulitkan hacker untuk meretas akun atau rekening milik user. Selain mereka telah mengenal kata sandi milik user, para pelaku kriminal siber masih akan disulitkan dengan kode khusus atau berita biometrik hal yang demikian.

Kemudian, Caleb Barlow, Vice President, IBMSecurity, memberi masukan terhadap user supaya tak memakai kata sandi yang sama kepada rekening bank, surat elektronik, dan media sosial. Langsung itu, menurutnya, berbohog juga bisa menolong dalam menjaga keamanan kata sandi.

"Menurut kau lupa kata sandi milikmu, karenanya kau akan dipinta untuk menjawab sejumlah pertanyaan pribadi untuk mengontrol ulang kata sandi hal yang demikian. Dalam menyiapkan jawabannya, kalian cukup berdusta saja. Menurut data pribadi hal yang demikian telah kau bagikan sebelumnya di media sosial, bukan hal susah bagi hacker untuk mengetahuinya," papar Barlow.

"Pakai ada alasan untuk memberikan jawaban yang jujur kepada pertanyaan-pertanyaan hal yang demikian.  jawaban yang gampang diingat, tetapi susah ditebak dari akun media sosial milikmu," pungkasnya.

Sumber: bitcoin indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Pekerjaan yang Dapat Bertahan di Era Digital

abendkleidonlinegunstig.com - Di era revolusi industri 4.0 yang mengandalkan teknologi saat ini, muncul jenis-jenis pekerjaan baru dan meningkatnya kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang teknologi dan informasi (TI). Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono menyebutkan jenis pekerjaan yang akan terus bertahan adalah pekerjaan yang menggunakan rasa dan kreativitas. Bambang mencontohkan pekerjaan yang tidak akan tergerus adalah wartawan karena pekerjaannya dinamis dan tenaga kerja selalu melakukan inovasi dan improvisasi.   "Pekerjaan yang tidak mungkin hilang yang pakai rasa dan mungkin wartawan tidak akan hilang karena sangat dinamis," kata Bambang, di Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018). Sedangkan pekerjaan yang tingkat kebutuhannya berkurang adalah jenis-jenis pekerjaan yang statis atau berulang misalnya tenaga administrasi atau tukang las.   "Pokoknya yang menggunakan kreativitas dan inovasi tidak akan hil

Hotel Kapsul dari Jepang yang Akan Dibuka di Bandara Soekarno-Hatta

nobaggagechallenge.com - Di dunia lebih-lebih Jepang, hotel kapsul alias capsule hotel tengah marak ditemukan. Ini yaitu solusi bagi pelancong, pebisnis dan backpacker bila cuma mau beristirahat dan merebahkan diri tanpa semestinya menginap di hotel yang mahal. Salah satu produsen hotel kapsul asal Jepang akan mengaplikasikan teknologinya lantas di Indonesia tahun ini.  Capsule Indonesia, demikian itu namanya, akan membuka hotel kapsul di sebagian airport di Indonesia. "Memang telah ada di Surabaya, tetapi teknologi dan konsep aslinya yang dibawa dari Jepang lantas," ujar Rere selaku Marketing Communication, Capsule Indonesia di pameran otomotif INAPA 2018, JIExpo, Jakarta, Selasa (22/3/2018).  Capsule Hotel dengan teknologi dan konsep dari Jepang yang akan dioperasikan di Indonesia, ketika pemeran di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (22/3/2018). Capsule Hotel dengan teknologi dan konsep dari Jepang yang akan dioperasikan di Indonesia, ketika pemeran di JIExpo K